Jumat, 23 November 2012

Device Komputer -Output Device (unit keluaran)-

Setelah lama vakum karena kesibukan yang ga jelas ^.^ saatnya kembali lagi berjumpa dan masih pembahasan yang sama, yaitu tentang Device Komputer, kali ini saya akan menjelaskan tentang Output Device (Unit Keluaran). Selengkapnya mari di baca ^-^ :

Output Device (Unit Keluaran)

Output Device adalah perangkat yang digunakan untuk menghasilkan keluaran dari suatu proses yang dilakukan oleh sebuah Komputer. Hasil keluaran dari proses tersebut bisa berupa tampilan pada layar monitor, berupa file dokumen  yang bisa dicetak bisa juga  lagu yang kita dengarkan. Dalam tulisan ini saya akan memberikan beberapa perangkat yang termasuk Ouput Device :

a. Monitor 
Monitor sebagaimana kita ketahui adalah sebagai output device utama pada sebuah komputer. Monitor dapat menghasilkan tampilan sebagai output dari suatu proses yang dilakukan oleh sebuah komputer.
b. Printer 
Setelah Monitor, printer merupakan output device yang sering digunakan. Cara kerja printer adalah dengan mengambil data dari komputer kemudian diolah oleh printer sehingga menghasilkan  cetakan  dokumen.

c. Speaker dan Headphone 
Speaker dan Headphone adalah perangkat yang terhubung dalam sound card pada motherboard untuk menghasilkan keluaran berupa suara. Audio data dikirimkan ke sound card, kemudian sound card menerjemahkan data ke dalam sinyal audio dan kemudian sinyal itu di kirim ke Speaker dan Headphone sehingga menghasilkan suara.
d. Projector 
Projector adalah suatu perangkat yang mempunyai fungsi sama dengan monitor yaitu menampilkan proses dalam Komputer yang tampilannya di proyeksikan pada layar datar. Cara kerjanya adalah data gambar di kirim ke video card pada motherboard dan oleh komputer kemudian diolah dan diterjemahkan menjadi gambar video yang kemudian di kirim ke Projector. Projector sering digunakan pada saat rapat maupun presentasi sehingga menghasilkan tampilan yang lebih besar dibandingkan dengan menggunakan layar monitor.
e. Plotter 
Plotter merupakan Ouput Device yang digunakan untuk gambar design atau pengerjaan teknik. Mempunyai fungsi sama dengan Printer yaitu menghasilkan cetakan. Plotter menggambar dengan menggunakan pena-pena tinta, plotter juga merupakan perangkat output device pertama yang mampu mencetak gambar berukuran gambar sebesar gambar arsitektur dan engineering.
f. Disc 
CD, DVD dan disket floppy merupakan Ouput Device yang digunakan untuk menyimpan data dan pada saat yang sama juga disebut perangkat input data.


Demikian sedikit info dan pengetahuan yang mungkin bermanfaat bagi kita semua ^_^ amin. untuk kelanjutan Device yang lain di sambung lain waktu ^.^ Akhirkata saya ucapkan terimakasih telah berkunjung :D 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar